Tips Diet Sehat

Banyak cewe yang stress banget sama berat badannya. Walau berat badannya normal – normal aja, mereka bakal merasa jadi cewe tergemuk di dunia. Menurunkan berat badan bukan hal gampang. Apalagi menjalankan berbagai diet dan cara – cara melangsingkan badan yang kadang menyiksa. Tapi beberapa tips diet sehat dapat dicari dengan mudah di internet.

 

Sebentar, rasaya gw bukan orang yang tepat untuk menjabarkan tentang hal ini. Helloww.. berat badan gw aja diatas rata – rata. Semua baju lama gw udah ga ada yang muat. Jadi apa sih yang sebenarnya mau gw ceritain disini?

Begini, masalah berat badan adalah masalah klasik buat gw. Dari dulu ga pernah jauh – jauh dari masalah berat badan. I’ve tried many ways. Mulai dari diet no carbs sampe fitness. Tapi balik lagi ke sifat dasar gw yang bosenan semua ga ada yang bener – bener bertahan lama. Padahal gw sering ngiri sama temen – temen  yang porsi makannya luar biasa dan bisa bebas makan apa aja tapi tetep bisa skinny as hell. Dunia emang ga adil .. *cakar2 tembok*

Terus gw harus gimana?

Pertanyaan ini keep bugging me lately. Antara udah jengah sama ukuran badan yang luar biasa besar dan sifat malas yang ga sembuh – sembuh. Niat sih kenceng, tapi eksekusinya itu yang nol gede. Nah disini gw coba berbagi pengalaman berdiet. Karena beberapa kali ternyata gw sempat berhasil menurunkan berat badan. Ga banyak – banyak sih, kisaran 2 – 7 kiloan lah. Tapi gw yakin kalo kalian punya niat dan usaha yang sama – sama kuat, turun 5 kilo sebulan sih bukan cuma mimpi aja.

Tips aman menurunkan berat badan ala gw:

1. Banyak gerak

Bisa dimulai dari hal kecil. Misalnya: pas jalan ke kamar mandi rada loncat – loncat dikit. Iya sih pertama – tama kalian pasti bakal dikira gila, tapi lama – lama mungkin orang akan maklum dan akhirnya cuek aja.. Mungkin.

Cara gw yang lain adalah jalan kaki dari kantor ke kosan. Butuh waktu 30 menit jalan kaki dari rumah ke kantor dan begitu juga sebaliknya. Jadi total gw menghabiskan 1 jam jalan kaki pulang pergi. Cara ini lumayan ampuh..

Ohya kalian juga bisa coba bike to work. Gw pernah coba lumayan lama. Hasilnya? Berat badan gw turun, gw jarang sakit kepala dan ga gampang capek.

Walking with friend juga asik.


2. Nasi is a big no no!

Ini lumayan ekstrim sih kalo menurut gw dan ga semua orang setuju dengan cara diet gw ini. Selama 5 hari dalam seminggu gw melarang keras diri gw untuk makan nasi. Cuma sayur dan protein aja. Kebetulan gw emang doyan makan sayur sih, jadi bukan masalah besar bwt gw pada waktu itu.

Nah pas weekend gw agak sedikit memanjakan diri gw dengan makan sedikit nasi. Kenapa weekend? Soalnya biasanya gw balik ke rumah ortu pas weekend dan The Famous Ibu Ida selalu masak enak kalo weekend.

3. Air putih
Ini beneran work out percaya atau engga. Pertama – tama memang berat maksain minum air putih dalam jumlah banyak. Dude, mineral water is tasteless! Tapi alhamdulillah lama – ama akhirnya terbiasa.

Tipsnya: siapin aja 1 gelas gede  air putih di meja kerja. Dingin/ hangat tergantung selera. Jangan percaya mitos busuk yang bilang air putih es itu bisa bikin gendut. Perlu di tekankan disini, bagi siapa saja yang percaya bahwa air es bisa membekukan lemak didalam tubuh maka ia tidak bisa membedakan antara perut manusia dengan kulkas.

Kalo udah mulai berasa keroncongan cepet – cepet deh lo minun air putih banyak – banyak. Soalnya, rasa keroncongan itu kadang – kadang adalah alarm palsu dari badan kita yang nandain bahwa kita lagi kekurangan cairan.

 

4. Sweet is killing you

Nah kalo yang ini sebenernya karena keluarga gw punya riwayat diabetes. So gw dengan sadar diri mengurangi asupan gula ke badan gw. Awalnya ga enak banget. Biasa minum 1 gelas kopi dengan 2 sendok makan gula sekarang harus ngurangin sampe setengah sendok makan aja. But hey, I wont end up like my grams. Ngeri rasanya tiap mau makan harus inject insulin ke badan. Ohya, dulu gw ngakalin dengan ganti gula tebu sama gula diet. Tapi ya gitu deh, harganya mahal cinn.. dan lama – lama kayanya berat juga kalo tiap bulan gw harus keluar sekitar 100 ribuan untuk gula doang.


5. Jangan stress cin!

It might work buat beberapa orang. Tapi siapa juga yang mau dengan sengaja stress biar kurus? Kalo gw sih stress pasti makan. Makanya jangan sampe stress karena pelampiasannya cuma 2 : Rokok dan ngemil. Dua – duanya sama – sama setan. So, pastiin kalian ga stress, live your life happy, happy and happy!

 

6. Work Your Butt Out
Ini cara paling mujarab sebenernya. Karena di gym kita bakal nemuin banyak banget alat – alat canggih yang bisa ngebantu nurunin berat badan. Nah kalo kalian punya anggaran lebih boleh tuh coba fitness. Saat mulai berasa bosen, inget aja 1 hal : Biaya fitness itu mahal, cari duit itu susah. So don’t waste it!

 

7. Bokek
Ini sih jurus diet paling ampuh. Udah ga ada lawannya. No need to explain yah…

8. Motivasi
Well, akhirnya kita semua butuh sesuatu (atau seseorang) untuk memotivasi kita. Paling gampang sih bongkar lemari baju dan pelototin baju or kaos lama kita. My gosh I was skiny! (dibanding body gw sekarang tentunya wahaha).

Bisa juga jadiin seseorang jadi motivasi. Coba liat badannya Madonna and imagine how come she at that age bisa keliatan absolutely stuning. Motivasi ciin.. Hahahaha

Jadi buat temen – temen yang mau coba diet dan nurunin berat badan, cara – cara diatas bisa dicoba. Kuncinya cuma satu sih, jangan nyerah, jangan males dan jangan kaya gw.

Selamat diet guys.. Gw? Ah minggu depan aja deh :))

 

 

Advertisements

Komen-komen dibawah yah.. ^^,

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s